Bagi pengguna mobil ertiga apakah kalian pernah mengalami Roda depan bunyi aneh saat belok? Atau mobil terasa bergetar saat injak gas? Wah, bisa jadi itu tanda CV Joint mulai bermasalah!
Jangan panik dulu—di artikel ini kita kupas tuntas seluk-beluk CV Joint khusus untuk Suzuki Ertiga. Mulai dari jenis-jenisnya, tanda-tanda kerusakan, waktu ideal untuk ganti, hingga rekomendasi CV Joint LKS yang terjangkau tapi tetap berkualitas.
Baca sampai habis, ya—biar nggak salah pilih dan isi dompet tetap aman!
Table of Contents
ToggleJenis CV Joint pada Mobil Suzuki Ertiga
Sebelum panik karena bunyi-bunyi aneh, yuk kenalan dulu sama dua pemeran utama CV Joint di Suzuki Ertiga:
CV Joint Luar (Outer CV Joint)
Letaknya di ujung as roda yang langsung terhubung ke roda depan. Sering juga disebut Birfield Joint.
Tugas utamanya? Menyalurkan tenaga saat mobil belok jadi manuver tetap mulus.
Rahasia kelincahannya ada pada bola-bola baja kecil di dalamnya, yang bikin roda tetap bergerak halus meski belok tajam.
CV Joint Dalam (Inner CV Joint)
Posisinya di ujung as roda bagian dalam, yang nyambung ke transmisi. Biasanya memakai Tripod Joint.
Kerjanya? Mengatur panjang as roda saat suspensi naik-turun—misalnya ketika melibas jalan berlubang atau melewati polisi tidur.
Baca Juga: Perbaikan vs Penggantian CV Joint, Mana yang Lebih Efektif?
Masalah Umum CV Joint di Mobil Suzuki Ertiga
Kalau kamu pemilik Suzuki Ertiga, ada satu hal yang nggak boleh kamu cuekin: tanda-tanda CV Joint mulai minta ganti.
Semakin cepat kamu kenali, semakin besar peluang untuk mencegah kerusakan parah—dan dompet aman terkendali!
1. Suara “Kletek-Kletek” Saat Belok
Ini gejala paling umum! Biasanya terjadi saat kamu belok tajam. Suaranya seperti ketukan berulang dari arah roda depan.
Penyebabnya? Outer CV joint yang aus dan minta pensiun dini.
2. Getaran Saat Akselerasi
Kalau setir atau lantai mobil mulai bergetar waktu kamu injak gas, bisa jadi inner CV joint mulai bermasalah.
Efeknya bukan cuma bikin nyetir nggak nyaman, tapi mobil juga terasa “berat” dan kurang responsif.
3. Boot CV Joint Robek atau Bocor
Boot itu semacam “kaos kaki” karet pelindung komponen di dalam CV joint dari debu dan air. Kalau sobek, pelumas bisa bocor, dan debu masuk.
Hasilnya? CV joint cepat aus jauh sebelum waktunya.
4. CV Joint Longgar
CV joint yang sudah aus atau rusak bisa menyebabkan sambungan menjadi longgar. Longgarnya CV joint ini bisa menyebabkan suara berisik, getaran, dan bahkan berpotensi mengganggu kestabilan mobil saat dikendarai.
5. Korosi Akibat Air dan Debu Masuk
Masuknya air dan debu ke dalam CV joint akibat boot yang rusak atau longgar dapat menyebabkan pelumasan berkurang dan komponen dalam CV joint cepat aus.
Bearing bisa berkarat, bagian dalam jadi kotor, dan kinerja CV Joint menurun drastis.
Kasus ini sering dialami mobil yang sering melewati jalan berlumpur, banjir, atau medan berat tanpa perawatan boot yang rutin.
6. Performa Menurun Saat Manuver Tajam
Kalau saat belok mobil terasa berat, kemudi lambat merespons, atau muncul suara aneh, itu tanda CV Joint sudah “angkat tangan” menahan beban putar.
Jangan tunggu sampai rusak parah—lebih cepat dicek, lebih aman di jalan!
Kapan Harus Ganti CV Joint Ertiga?
Biasanya, umur pakai CV Joint sekitar 3–4 tahun atau setelah mobil dipakai sejauh 50.000 km. Tapi bisa lebih cepat rusak kalau:
- Boot robek
- Sering kena banjir
- Melewati jalan rusak terus-menerus
- Nggak pernah dicek rutin
Kalau dibiarkan, CV Joint bisa jebol dan bikin as roda patah di jalan. Bahaya banget kan?
Baca Juga: Review Kualitas CV Joint LKS Awet & Andal
List Harga CV Joint Ertiga dan Rekomendasinya
Berikut daftar harga CV joint untuk Suzuki Ertiga beserta rekomendasi produk berdasarkan data dari Tokopedia Brand LKS.
1. CV Joint Outer (AS Roda Luar) Ertiga
Untuk CV joint outer pada Suzuki Ertiga All New 2018, produk AS Roda Luar LKS tersedia dengan harga sekitar Rp 431.000. Produk ini menjadi pilihan ekonomis dengan kualitas yang baik, cocok untuk penggantian outer CV joint pada Ertiga model terbaru.
2. CV Joint Inner (AS Roda Dalam) Ertiga
Untuk CV joint inner, terdapat produk AS Roda Dalam LKS untuk Suzuki Ertiga All New 2018 varian manual dengan harga sekitar Rp 560.000.
Produk ini direkomendasikan untuk penggantian inner CV joint pada varian manual karena tahan lama dan berkualitas.
3. CV Joint Assy Lengkap Ertiga
Untuk hasil yang lebih terjamin, karena proses yang mudah, lebih hemat waktu dan tenaga, lakukanlah pergantian CV Joint Assy Lengkap (Driveshaft). tersedia paket AS Roda Assy LKS untuk Suzuki Ertiga All New 2018 matic dengan harga sekitar Rp 1.308.000.
Paket ini sudah mencakup semua komponen CV joint assy dan sangat praktis untuk penggantian total pada mobil transmisi otomatis. Paket serupa juga tersedia untuk varian manual Ertiga dan XL7 dengan harga yang sama.
4. Harga CV Joint Inner untuk Ertiga dan Dreza Tahun 2012
Untuk model Ertiga dan Dreza tahun 2012, produk AS Roda Dalam LKS tersedia dengan harga sekitar Rp 491.000 untuk varian manual, dan sekitar Rp 534.000 untuk varian matic. Produk ini cocok untuk penggantian inner CV joint pada mobil keluaran tersebut.
Jangan Abaikan Tanda Kerusakan CV Joint Ertiga!
Mendeteksi masalah pada as roda Ertiga sejak dini akan menyelamatkan Anda dari risiko kerusakan parah dan biaya mahal. CV Joint inner, outer, dan drive shaft merupakan bagian vital pada mobil, terlebih pada ertiga terbaru.
Dengan mengetahui daftar harga terbaru, membaca spesifikasi dan review lengkap, serta membeli dari Mitra Abadi Autoparts, distributor resmi yang menyediakan produk original dari berbagai brand ternama, lengkap dengan garansi dan dukungan teknis.
Segera cek kondisi CV Joint dan manfaatkan berbagai promo menarik di website resmi Mitra Abadi Autoparts!